Sabtu, 01 Desember 2007

Fasilitas Internet Gratis di Hotel

Karena tuntutan pekerjaan, saya diharuskan bepergian ke luar kota, baik itu ke Jakarta (saya tinggal di Bandung), maupun ke luar pulau Jawa. Dari sekian banyak hotel yang saya kunjungi, sekarang2 ini makin banyak yang menyediakan fasilitas internet gratis. Baik yang hanya di lobi maupun sampai ke kamar. Yang di lobi biasanya menggunakan Wifi, sedangkan yang di kamar umumnya menggunakan Wifi tapi ada pula yang memakai LAN. Internet ini saya butuhkan kalau diminta kantor untuk mengirim laporan. Karena kalau kebetulan pulang dari pekerjaan agak larut malam, malas untuk keluar hanya sekedar mencari warnet. Sedangkan modem/hp 3G belum punya. Sedangkan untuk mengunduh/berselancar-ria itu untuk mengisi waktu luang itu hanya optional. Artinya kalau ada internet yang surfing/mengunduh sambil baca email. Tapi kalau tidak ada yang bisa diisi dengan nonton film/acara TV atau main game di laptop sambil nunggu ngantuk.
Tapi yang saya heran sampai sekarang ini masih banyak juga hotel yang tidak menyediakan fasilitas internet gratis baik lewat Wifi apalagi lewat LAN. Baik itu di loby apalagi di kamar. Mereka hanya menyediakan fasilitas internet yang berbayar.
Kalau itu menggunakan fasilitas komputer mereka, itu wajar. Tapi ada juga yang hanya menyediakan voucher pre-paid untuk bisa surfing lewat Wifi. Padahal kalau kita hitung secara kasar, memang mereka harus menyediakan infrastruktur untuk fasilitas internet ini. Tapi dengan adanya teknologi Wifi, barangkali biaya infrastruktur bisa di tekan. Belum lagi sekarang harga koneksi yang unlimited sudah mulai murah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar